Jumat, 26 November 2010

RPP menulis surat pembaca BAHASA INDONESIA KELAS 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS IX
SEMESTER GANJIL

STANDAR KOMPETENSI
12.3 Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah.
KOMPETENSI DASAR
12. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca.
INDIKATOR
1. Mampu menentukan permasalahan di lingkungan sekolah yang perlu mendapat perhatian atau penanganan.
2. Mampu menuliskan permasalahan tersebut menjadi sebuah surat pembaca yang santun.
3. Mampu menanggapi surat pembaca dengan bahasa yang santun.

ALOKASI WAKTU
2 X 45’
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati keadaan lingkungan sekolah, siswa dapat menentukan sebuah permasahan yang perlu mendapat perhatian atau penanganan.
2. Melalui permasalahan yang ditemukan, siswa dapat menentukan siapa yang perlu menangani permasahan tersebut.
3. Melalui permasalahan yang ditemukan, siswa dapat menulis surat pembaca dengan bahaaa yang santun.
4. Berdasarkan surat pembaca yang dibuat oleh temannya saku kelas, siswa dapat menanggapi dengan bahasa yang santun.




B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Menulis surat pembaca dengan bahasa yang santun berdasarkan permasalahan lingkungan sekolah.
2. Menanggapi surat pembaca tentang lingkungan sekolah dengan bahasa yang santun.

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Pemberian tugas
2. Diskusi Kelompok
3. Pemodelan
4. Inquiri

E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Dalam langkah-langkah pembelajaran ini terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
KEGIATAN AWAL
1. Siswa diajak bertanya jawab tentang surat pembaca di majalah atau di koran.
2. Siswa deiberitahu tentang tujuan pembelajaran hari ini, yaitu menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah serta menanggapi surat pembaca.
KEGIATAN INTI
1. Siswa dibentuk kelompok. Kelompok ditentukan berdasarkan piket kelas. Tiap kelompok mendapat tugas yang berbeda.
Kelompok Tugas pengamatan
Senin toilet
Selasa kantin
Rabu tempat sepeda
Kamis tempat sampah
Jumat pembuangan akhir sampah
Sabtu musola
2. Setiap kelompok mendapat tugas untuk mencari permasalahan. Permasalahan tersebut berupa pendapat atau saran setelah melakukan pengamatan.
3. Setelah menemukan permasalahan, siswa kembali ke kelas dan berdiskusi tentang tujuan surat pembaca ayang akan dibuat.
4. Setiap siswa membuat surat pembaca berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan.
5. Salah satu hasil pekerjaan siswa dalam setiapa kelompok doitukarkan dengan kelompok lain untuk ditanggapi.




KEGIATAN AKHIR
1. Pekerjaan siswa yang paling baik dalam setiap kelompok ditempelkan di mading kelas.
2. Guru bersama siswa mengadakan refleksi dengan cara tanya jawab tentang manfaat surat pembaca.

D. SUMBER BELAJAR
1. Buku Belajar Berbahasa Belajar Berkomunikasi (Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs. ) Oleh Barokah Santoso dkk.

E. MEDIA PEMBELAJARAN
Lingkungan sekolah, misalnya kantin, musola, tempat sepeda, toilet, pembuangan akhir sampah, tempat sampah

F. PENILAIAN
TEKNIK
Tes lisan dan tulis
BENTUK INSTRUMEN
Subejektif uraian terbatas
CONTOH INSTRUMEN
1. Lakukan pengamatan di lingkungan sekolah!
2. Tentukan permasalahan yang layak untuk diangkat dalam surat pembaca. Permasalahan tersebut bisa berupa saran maupun pendapat.
3. Tulislah saran atau pendapatmu dalam bentuk surat pembaca!
4. Tukarkah kepada teman sebangkumu!
5. Komantari atau tanggapilah pekrejaan temanmu dengan bahasa yang santun!
6. Kembalikan, dan tempelkan di mading kelas!









(alternatif jawaban )
1. (tindakan)
2. Pemilhan sampah di tempat sampah tidak sesuai dengan jenis sampah. 3.

POLISI SAMPAH
Tempat sampah di SMPN 1 Boyolangu seharusnya berisi sampah yang sudah dipisahkan. Sampah plastik, sampah kertas, sampah daun harus ditempatkan berbeda, yaitu sampah organik dan anorganik. Namun di tempat sampah kantin sekolah masih campur. Padahal sudah disediakan tempat sampah dua macam dan ada tulisannya. Bagaimana kalau disiapkan “POLISI SAMPAH?”

Bety 8a.

0 komentar:

Poskan Komentar